Malcolm Baldrige for Performance Excellence Company (MBfPEC)

Kamis, 08 Januari 2009

Malcolm Baldrige for Performance Excellence Company (MBfPEC) merupakan suatu metode penilaian yang digunakan secara luas di dunia untuk mengukur kualitas perusahaan. Beda dengan standarisasi ISO adalah lebih detilnya kriteria pengukuran dan target yang lebih kuantitatif. Angka penilaian perusahaan berdasarkan MBfPEC adalah pada interval 0 – 1000.

Kriteria penilaian yang digunakan (organizational profile) pada MBfPEC ada 7 yaitu:
1. leadership
2. strategic planning
3. customer and market focus
4. measurement analysis and knowledge management
5. work force
6. process management
7. business result

Kriteria penilaian di atas (1-6) dibangun berdasarkan 4 strategi:
1. approach
2. deploy
3. learning
4. integrate

Sedangkan untuk kriteria ke-7 digunakan strategi:
1. level
2. trend
3. comparison / benchmark
4. integration

Sebenarnya penilaian ISO mendukung sebagian kriteria penilaian MBfPEC dari sisi operasional. Paradigma yang digunakan pada MBfPEC adalah top-down sedangkan pada ISO adalah bottom-up.

Untuk sementara baru itu yang aku tahu tentang MBfPEC. Indonesia sendiri sudah ada regulasi dari Kementrian BUMN untuk menerapkan MBfPEC di BUMN-BUMN. Telkom sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia kabarnya telah mencapai nilai 750 (dari 1000) pada assessment terakhir. Wah, semoga BUMN lainnya dapat berlomba-lomba untuk memperbaiki kualitas perusahaan (proses dan hasil) untuk mencapai yang terbaik bagi bangsa.

Malcolm Baldrige for Performance Excellence Company (MBfPEC)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s